Sumenep Berpotensi Jadi Kota Parawisata

Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep merencanakan akan menjadikan bumi Sumekar sebagai salah satu kota pariwisata di Jawa Timur. Pasalnya, dengan 129 pulau di Sumenep, memiliki potensi besar untuk menjadikan Sumenep sebagai kota pariwisata.

Berdasarkan hasil pantauan redaksi, Sumenep memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wista relegi hingga wisata alami. Rinciannya, wisata religi antara lain Asta Tinggi, Bujuk Panaongan Kecamatan Pasongsongan, Asta Yusuf [Pulau Talango] Sumenep, Asta Standur [Kec Kota], dan beberapa lokasi lain yang sangat menarik wisatawan baik lokan maupun luar negeri.


Sementara, wisata alam antara lain, pantai Lombang Kecamatan Batang-Batang, pantai Slopeng, Pantai Saronggi Kecamatan Saronggi, Pemandian Alami Kecamatan Batuan, Gua Keramik Kecamatan Kota, Gua Payudan Kecamatan Guluk-Guluk, Moseum Raja Sumenep serta sejumlah tempat lain.

Bupati Sumenep KH A Buya Busyro Karim ketika dihubungi usai pelantikan Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia [IKA-PMII Sumenep] mengatakan, rencana tersebut sudah semakin matang. Bahkan, pihaknya akan memindahkan kodim 0827 yang saat ini terletak di sebelah selatan areal Taman Bungan [TB] Sumenep. ”Di lokasi tersebut, nantinya akan menjadi pusat pariwisata,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan rencana tersebut, pihaknya mengaku sudah membicarakan dengan sejumlah pihak termasuk kalangan kiai dan tokoh masyarakat di Sumenep. ”Kami mengharap, Sumenep akan menjadi salah sato kota pariwisata di Jawa Timur,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.