Akan Seperti Apakah Sumenep Nanti ??

Mungkin pernah terlintas di pikiran kita “gimana sich keadaan sumenep beberapa tahun lagi ??”. Sebenarnya itu semua tergantung  bagaimana Pemerintah Kab.Sumenep mengembangkan potensi yang ada di Sumenep saat ini.

Salah satu hal yang harus dikembangkan Sumenep adalah SDM (Sumber Daya Manusia). Karena sekarang ini SDM masyarakat masih terkenal kolot dan terlalu agamis. Padahal jika SDM masyarakat bisa sejajar dengan kemajuan teknologi, potensi yang ada di Sumenep bisa terkelola dengan baik.

Sebenarnya Sumenep memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, katakan sajalah dalam bidang Pariwisata. Jika Pemkab Sumenep dapat mengembangkan potensi wisata yang ada di Sumenep secara maksimal maka hal ini akan sangat menguntungkan bagi pemerintah daerah . Karena Pariwisata dapat dapat menambah porsi APBD dan juga menambah pendapatan masyarakat secara tidak langsung.


Di Sumenep sendiri sebenarnya banyak tempat wisata yang belum dikembangkan dengan baik. Padahal tempat wisata seperti pantai Lombang di Sumenep memiliki panorama yang tidak kalah dari Pantai Kuta di Bali. Seandainya Pemerintah Kabupaten Sumenep dapat mempublikasikan tempat wisata di sumenep dengan baik tentunya akan banyak para pelancong yang tertarik untuk berkunjung ke Sumenep.

Seandainya jika pemkab mau bekerja sama dengan pihak swasta untuk membangun pantai lombang, alhasil hal itu akan mengangkat citra pantai lombang menjadi semakin baik khususnya di bidang pariwisata. Karena pantai lombang yang ada sekarang masih original dan belum tersentuh tangan tangan terampil untuk mengangkat kekhasan pantai lombang yang terkenal dengan pohon cemaranya yang tidak akan ditemukan di pantai – pantai lain di Indonesia

Selain terkenal dengan pohon – pohon cemaranya, pantai lombang juga terkenal karena hamparan pasir putih yang lebih bagus dari pada pasir putih di wilayah lain. Dan ada juga kekhasan di sepanjang jalan menuju pantai lombang terdapat banyak pohon – pohon kelapa.

Selain wisata pantai lombang, sumenep juga menawarkan wisata – wisata lain seperti pantai slopeng, keraton sumenep, museum, masjid agung, dan makam raja – raja Sumenep.

Di samping tempat - tempat wisata sumenep juga memiliki makanan ringan khas Sumenep yaitu keripik singkong manding ciri serta kerajinan tangan seperti batik tulis Pakandangan, odheng, peralatan rumah tangga yang masih dibuat dengan tangan dan masih banyak lagi  hasil yang dapat dijadikan sebagai sovenir dan buah tangan jika melancong ke Kabupaten Sumenep.

Jika potensi –potensi yang ada di atas bisa tergali dengan baik dan pihak pemkab mempublikasikan dengan sungguh –sungguh alhasil Sumenep tidak akan dianggap remeh dan diperhitungkan oleh daerah lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.